Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ulangan Harian Tema 8 Kelas 4


Soal Ulangan Harian Tema 8 Kelas 4

Ulangan Harian Tema 1 Sub Tema 3NamaKelasNo. absenKerjakan soal-soal berikut!1. Berdoa kepada Tuhan merupakan pengamalan Pancasila sila ke ...2. Piket membersihkan kelas merupakan contoh sikap rukun di3. Buatlah sebuah kalimat perintah!4. Kalimat perintah diakhiri dengan tanda .....5.sampah pada tempatnya!6. 2457. 264134 +127 -8.Dani mempunyai 225 butir kelereng. Sedangkan Bayu mempunyai 125 butir kelereng.Berapa jumlah keseluruhan kelereng mereka?Sketsa disamping adalah gambar .....9.10. Gambarlah sketsa ikan!2/3​

Daftar Isi

1. Ulangan Harian Tema 1 Sub Tema 3NamaKelasNo. absenKerjakan soal-soal berikut!1. Berdoa kepada Tuhan merupakan pengamalan Pancasila sila ke ...2. Piket membersihkan kelas merupakan contoh sikap rukun di3. Buatlah sebuah kalimat perintah!4. Kalimat perintah diakhiri dengan tanda .....5.sampah pada tempatnya!6. 2457. 264134 +127 -8.Dani mempunyai 225 butir kelereng. Sedangkan Bayu mempunyai 125 butir kelereng.Berapa jumlah keseluruhan kelereng mereka?Sketsa disamping adalah gambar .....9.10. Gambarlah sketsa ikan!2/3​


Jawaban:

1.sila ke 1

2.rukun di lingkungan sekolah

3.Salwa tolong tutup pintunya!

4.tanda seru!

5.buang lah

Penjelasan:

aku cuman bisa isi sgtuh

Jawaban:

1.Sila pertama

2.Sekolah

3.Doni,belikan bapak gula!

4.Tanda seru(!)

5.Buanglah

6.Dua ratus empat puluh lima

7.264+134-127=271

8.225+125=350

9&10 gk adagambarx

Penjelasan:

Semoga mmebantu


2. SOAL Ulangan Harian Sub Tema 11. Jelaskan yang di maksud gagasan pokok dan gagasan pendukung ?2. Suku dayak terdapat di daerah mana?3.Sebutkan nama -nama tari yang ada di Indonesia minimal 5?4. Jelaskan pengertian tari tradisional ?5. Jelaskan pengertian bunyi, dan sebutkan 3 jenis bunyi berdasarkanfrekuensinya ?6. Bunyi jenis apakah yang dapat didengar oleh manusia?7. Jelaskan apa yang dimaksud keragamaan?8. Jelaskan apa yang dimaksud kerja sama ?9.Sebutkan tiga rumah adat dan asalnya ?10. Semboyan bhineka tunggal ika artinya?CATAT : Tuliskan Di Kertas Selembar Di Sertakan Nama, Kelas Dan Tanggal.​


1. gagasan pokok adalah gagasan atau ide yang menjadi pokok atau pikiran utama dalam mengembangkan paragraf suatu bacaan....

Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi yang mendukung gagasan pokok. Gagasan pendukung berupa kalimat-kalimat penjelas yang memberi tambahan untuk gagasan

2. pulau kalimantan

3. a.tari kecak (bali)

b.tari jaipong (jawa barat)

c.tari piring (sumatera barat)

d.tari topeng betawi (jakarta)

e.tari saman (aceh)

4. tari tradisional adalah suatu tarian yang berkembang dari suatu daerah tertentu.

MAAFHANYABISAMENGERJAKANSAMPAINO4SEKIANTERIMAKASIH: )


3. 1. Ibu Fatma membeli 8 lusin gelas. Ia mendapat hadiah 4 gelas sebagai bonus. Berapa banyak gelas ibu Fatma seluruhnya? Jawab: 2. Pak Rahman mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar. Setelah dilihat ternyata terdapat 35 lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas yang masih baik? Jawab: 3. Aulia mempunyai 1 1 manik-manik untuk membuat kalung. Berapa sisa manik-manik Aulia? Jawab: 2 gross manik-manik. Aulia menggunakan 8 lusin 7 buah 4. Ibu Lestari membeli 2 lusin pensil dengan harga Rp1.500,00 per buah. Kemudian membeli penggaris 1 semuanya? Jawab: 2 lusin dengan harga Rp800,00 per buah. Berapa harga beli Tema 6 Subtema 1: Tubuh Manusia 27 5. Ibu Riana seorang pedagang. Pada awalnya ia mempunyai persediaan 2 kodi seprei. Hari ini terjual 2 lusin seprei. Berapa banyak seprei Ibu Riana yang belum terjual? Jawab: 6. Menjelang hari raya, Pak Burhan membeli 2 kodi baju. Pak Burhan membeli lagi 4 lusin baju. Berapa buah baju yang dibeli Pak Burhan semuanya? Jawab: 7. Dalam menghadapi ulangan semester suatu sekolah membutuhkan kertas untuk membuat soal ulangan. Diperkirakan tiap kelas membutuhkan 650 lembar. Jika di sekolah ada 6 kelas, berapa rim lebih berapa lembar kertas yang dibutuhkan sekolah? Jawab: 8. Ibu Lilis seorang penjahit yang sukses. Hari ini dia mendapat pesanan 25 baju. Setiap baju membutuhkan 9 kancing baju. Berapa gros lebih berapa buah kancing baju yang dibutuhkan Bu lilis? Jawab:


1.8×12=96+4=100
2.5×500=2500+180=2680-35=2645
3.1 1/2=3/2×144=216(2sama144dibagi2)
8×12=96+7=103
216-103=113
4.2×12=24×1.500=36.000
2×12=24×800=19.200
36.000+19.200=55.200
5.2×20=40
2×12=24
40-24=16
6.2×20=40
4×12=48
40+48=88
7.650×6=3900:500=7 1/2 rim lebih 150 lembar
8.9×25=225:144=1,5625 gross

maaf klo ada yang salah

4. 1. Semua warga negara berhak untuk.....A. Menjaga kelestarian lingkungan sekitarB. Membayar pajakC. Menaati hukumD. Mengeluarkan pendapat2. Salah satu contoh kewajiban warga negara adalah.....A. Menikmati persamaan kedudukan di muka hukumB. Menaati peraturan perundang-undanganC. Mendapatkan pendidikan dan pekerjaanD. Beragama dan beribadah3. Menghemat penggunaan bahan bakar minyak merupakan.....A. Kewajiban setiap orangB. Hak setiap orangC. Kewajiban negaraD. Hak negara4. Pelaksanaan hak dan kewajiban seharusnya.....A. Lebih banyak kewajibanB. Lebih sering menuntut hakC. seimbangD. sesuai perintah5. Jika seseorang tidak memperoleh haknya, ia akan.....A. senangB. sedih dan kecewaC. melaksanakan kewajibanD. merasa banggaSoal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Bahasa Indonesia6. Informasi dalam sebuah kegiatan wawancara di peroleh dari.....A. WartawanB. NarasumberC. DosenD. Reporter7. Sebelum mewawancarai seseorang, sebaiknya kita.....A. Membuat daftar jawabanB. Membuat daftar pertanyaanC. Menyusun laporanD. Menyusun kesimpulan8. Saat melakukan wawancara, kita harus.....A. Menggunakan bahasa yang sopanB. Menggunakan pakaian yang berwarna-warniC. Mencatat setiap kata yang diucapkan narasumberD. Mencatat keadaan rumah narasumber9. Hal yang tidak perlu ditulis dalam laporan hasil wawancara adalah.....A. Nama narasumberB. Tanggal berlangsungnya wawancaraC. Pendapat pewawancaraD. Kesimpulan hasil wawancara10. Contoh pertanyaan yang sesuai saat melakukan wawancara dengan tema pelestarian lingkungan adalah.....A. Apa saja perilaku yang dapat merusak lingkunganB. Berapa harga tanaman di toko itu?C. Siapa yang bertanggung jawab menjaga keamanan lingkungan?D. Berapa penghasilan Bapak?Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 IPA11. PLTA dibuat dengan memanfaatkan energi alternatif yang berupa.....A. AnginB. AirC. Panas bumiD. Matahari12. Energi alternatif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan energi yang digunakan saat ini, yaitu.....A. Sulit didapatB. Mencemari lingkunganC. Lebih mahalD. Lebih murah13. Berikut ini kegiatan yang memanfaatkan energi angin yaitu.....A. Menyalakan komporB. Menggerakkan perahu nelayanC. Membuat bahan bakar minyakD. Menggiling padi14. Bahan bakar yang digunakan saat ini sebagian besar berasal dari.....A. Minyak bumiB. Minyak gorengC. Cahaya matahariD. Air panas15. Salah satu manfaat energi panas matahari adalah.....A. Mengeringkan pakaianB. Menarik benda logamC. Menggerakkan rodaD. Mengubah bentuk bendaSoal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 IPS16. Segala sesuatu di alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut.....A. Sumber daya alamB. Sumber energiC. Sumber mata pencaharianD. Sumber bunyi17. Sumber daya alam bahan tambang yang dimanfaatkan untuk bahan bakar adalah.....A. TembagaB. PerakC. Minyak gorengD. Batu bara18. Hewan sangat bermanfaat bagi manusia, salah satunya sebagai.....A. Bahan listrikB. Bahan makananC. Bahan bangunanD. Perabot rumah tangga19. Kayu jati banyak digunakan oleh pembuat mebel karena.....A. Kukuh dan tekstur kayunya bagusB. Aromya wangiC. Mudah diperolehD. Harganya murah20. Jenis kayu yang mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, atau pigura adalah.....A. Kayu cendanaB. Kayu jatiC. Kayu mahoniD. Kayu secangSoal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 SBdP21. Hal yang perlu diperhatikan saat bernyanyi diantaranya.....A. Judul bukuB. Nada dan tempo laguC. Alat musik pengiringD. Jumlah penonton22. Susunan atau rangkaian kata dalam sebuah lagu di sebut.....A. NadaB. TempoC. LirikD. Irama23. Dalam sebuah lagu, tanda tempo menunjukkan.....A. Cepat lambatnya laguB. Kuat lemahnya bunyiC. Tinggi rendahnya bunyiD. Panjang pendeknya nada24. Tangga untuk menyatakan keras lembutnya lagu disebut.....A. Tangga nadaB. Tanda dinamikC. Tanda tempoD. Tanda ekspresi25. Lagu berjudul “Aku Cinta Lingkungan” menggunakan birama.....A. 4/4B. 3/4c. 2/4D. 1/4​


Jawaban:

No 1.A

No 2.A

No 3.A

No 4.c

No 5.B

udah cuman gitu doang yang saya tahu trimakasih


5. Bacalah kutipan teks berikut untuk mengerjakan soalnomor 4 dan 5!(Asesmen Kompetens MiniPeranan media digital dalam menyebarkan kebudayaan Indonesia sangat penting untuksaat ini. Perputaran informasi yang cepat menyebabkan penyebaran informasi menjadimudah untuk diakses, terutama kaum muda yang menghabiskan waktu dan minat merekabidang media ini. Misalnya, internet dan jejaring sosial. Saat ini pertumbuhan media digitalbegitu cepat dan mudah. Media digital juga memberikan kesempatan akses yang samabagi semua orang di seluruh belahan dunia. Dengan media digital, diharapkan pelestariankebudayaan Indonesia dapat terus berkembang.Diolah dari: https://media.neliti.com4. Berdasarkan kutipan teks di atas, media digital yang dimaksud adalah5. Media digital berperan penting dalamkebudayaan IndonesiaBetulNilai (Skor x Betul) x2JumlahSkor25KonsepPilihan Gandaisian58Nilai Ulangan Harian IPS Subtema 3 (KD 3.2)Tema 3Kelas 5Makanan Sehat​


Jawaban [singkat] :

4. Media digital yang dimaksud merupakan internet dan jejaring sosial.

5. Betul, karena pertumbuhan media digital begitu cepat dan mudah.

Jawaban [dengan penjelasan] :

4. Media digital yang dimaksud merupakan internet dan jejaring sosial , kutipan tersebut bisa dibuktikan oleh kalimat " Misalnya, internet dan jejaring sosial "

5. Betul, karena pertumbuhan media digital begitu cepat dan mudah, tidak lagi dengan manfaatnya merupakan kebudayaan Indonesia yang terus berkembang dalam media digital tersebut, kutipan berikut bisa dibuktikan dengan " Dengan media digital, diharapkan pelestarian  kebudayaan Indonesia dapat terus berkembang ", "Saat ini pertumbuhan media digital  begitu cepat dan mudah "

pesan dari penjawab :

malam, saya ada 2 pilihan untuk menjawab, yang pendek maupun penjelasan. Tinggal dipilih aja ya, semoga membantu dan kembali kasih


6. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya​


Jawaban:

1.rajin belajar

2.sekolah pagi hari

3.

4.tokoh nya ayah nya,dinda,nuryati,bapak guru

5.bahasa Indonesia

6.rajin belajar.

7.

8.

9.harus belajar dengan giat

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

1 rajin belajar

2disekolah atau kelas

3 maaf sy krg mksd

mungkin sudut pandangnya baik.

4 pak guru dpt dijadikan teladan

dinda dan indah ceroboh dan mls krn ia tdk belajar dan mengingat pesan pak guru

nur pintar dan polos

5 bahasa sehari hari

6 belajar untuk persiapan ulangan

7 alu maju

8 dinda yg tdk bljr seoloh olah dia, sudah pintat

9 persiapan belajar untuk ulangan jika mau nilai nya bagus


7. Nama : ........ Kelas/Semester : VAB/I Kerjakan soal-soal berikut dengan benar ! A. IPS(KD3.4) Hari/Tanggal : ........ Tema/ST/PB : 4/1/1–6 Nilai: ..... a. Persaingan b. Perkelahian 3. Perhatikan gambar berikut ! c. Pertengkaran d. Gotong Royong Interaksi sosial yang terjadi pada gambar di samping adalah interaksi . . . . . . . a. Antarindividu b. Antarkelompok c. Manusia dengan alam d. Individu dengan kelompok ULANGAN HARIAN TEMATIK SDN RAGUNAN 10 PAGI TAHUN PELAJARAN 2020 – 2021 1. Berikut yang termasuk contoh dari komponen sosial yang berkaitan dengan komponen alam adalah....... a. di daerah pantai berkembang kehidupan nelayan b. penduduk membuka hutan untuk pertanian c. pemerintah membangun bendungan untuk irigasi d. meluasnya lahan pertanian membuat hewan kehilangan habitat, kepunahan, dan bermigrasi ke daerah lain 2. Contoh interaksi sosial yang akan membawa pada persatuan adalah . . . . . . . . 4. Kegiatan belajar mengajar termasuk interaksi sosial di lingkungan . . . . . . . . . 5. Melakukan Reboisasi merupakan contoh interaksi antar manusia dengan . . . . . . . . . 6. Perhatikan gambar berikut ! Gambar di samping adalah contoh interaksi....... 7. Masyarakat sekitar lereng Gunung Dieng menambang belerang sebagai mata pencaharian mereka sehari. Ini adalah contoh interaksi manusia dengan lingkungan . . . . . . . . 8. Sebutkan beberapa permasalahan sosial yang mengganggu pembangunan ! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9. Tuliskan 3 hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah pengambilan keputusan bersama ! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 10. Sebutkan3ciriinteraksisosialdidalammasyarakat! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . B. SBDP(KD3.4) 11. PenciptalaguHalo-HaloBandungadalah........ a. H. Mutahar b. Sri Widodo Nilai: ..... 12. Lagudengantandanadamayorbiasanyaberirama......... a. sedih c. syahdu b. sendu d. gembira 13. Memilikijarak/interval1-1-1⁄2-1-1-1-1⁄2 adalahtangganadadiatonis......... a. minor c. sopran b. mayor d. pentatonik 14. Lagu“BerkibarlahBenderaku”bertangganada......... 15. Lagu“GugurBunga”bertangganada........ 16. BiasanyadiawalidandiakhiridengannadaDoadalahcirilagubertangganada........ 17. Tangganadamayorbanyakditemukanpadajenislagu......... 18. Tuliskan5laguwajibyangbertangganadamayor! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 19. Tuliskan3ciritangganadamayor! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 20. Jelaskan3ciritangganadaminor! Jawab : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . c. Ismail Marzuki d. Daljono Tolong y kaka


Jawaban:

2..interaksi antar individu

4.sekolah

5.alam

6.sosial

7.alam

8.berpecah belah

Penjelasan:

jadikan jawaban ini yg terbaik


8. SOAL ULANGAN HARIANKELAS : 6 Nama Siswa :TEMA : 2 Nilai :SUBTEMA : 1 TTD ORTU :Kerjakan soal soal berikut ini!1. Sebutkan contoh Pengamalan sila ke 3 pancasila!2. ‎Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia?Bacalah teks di bawah ini!Bandung Lautan ApiPeristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yangtujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumahmereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerahselatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutudan tentang NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandungsebagai markas strategis militer dalam Perang KemerdekaanIndonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidakterima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, dimana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalampertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggotamilisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untukmenghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasilmeledakkan gudang tersebut.Sumber. http://id.wikipedia.org/wiki/Bandung Lautan Api3. Peristiwa apa yang terjadi ?4. ‎Di mana peristiwa tersebut terjadi?5. ‎Mengapa bisa terjadi ?6. ‎Kapan peristiwa tersebut bias tejadi?7. ‎Bagaimana peristriwa tersebut terjadi8. ‎Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia!9. ‎Berikut pejuang proklamasi Indonesia .....10.Siapa yang mengetik naskah proklamasi Indonesia?11.Sebutkan gerakan persatuan Bangsa Indonesia!12.Abdul Latif Hendraningrat adalah seorang...13.Tari Lego-lego berasal dari .....14.Sebutkan 4 tarian daerah dan asalnya .....15.Tarian serimpi berasal dari...16.Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Apa fungsi rongga padateratai?17.Bagaimana cara pohon bamboo beradaptasi dengan lingkungan?18.Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air. Akarnya berada di airMemiliki rongga udara dalam batang atau tangkai daun. Daunnya muncul kepermukaan air merupakan jenis tumbuhan ....."19.Sebutkan macam- macam tumbuhan xerofit .....20. Apa yang dimaksud dengan jenis tumbuhan higrofit, berikan contohnya!​


Jawaban:

bagaimana prisiwa tersebut bias terjadi


9. 11. Pengertian energi adalah.....A. Kemampuan untuk melakukan kerjaB. Kemampuan untuk menghabiskan barangC. Tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu bendaD. Perpindahan suatu benda dari satu tempat ke tempat lain12. Energi panas yang terbesar bersumber dari.....A. KomporB. Korek apiC. Gunung meletusD. Matahari13. Perubahan energi yang terjadi pada kipas angin adalah.....A. Energi listrik menjadi energi panasB. Energi listrik menjadi energi cahayaC. Energi listrik menjadi energi gerakD. Energi gerak menjadi energi listrik14. Contoh perubahan energi cahaya menjadi energi listrik adalah.....A. Menjemur pakaian di bawah terik matahariB. Penggunaan panel suryaC. Penggunaan alat pengering rambutD. Sepeda motor yang digunakan untuk perjalanan jauh15. Kelompok alat berikut yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak adalah.....A. Sepeda motorB. OvenC. BlenderD. SetrikaSoal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 IPS16. Sumber daya alam yang hanya digunakan sekali saja dan akan habis setelah digunakan disebut juga.....A. Sumber daya alam yang sengaja dibuatB. Sumber daya alam yang dapat diperbaruiC. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruiD. Sumber daya alam yang berasal dari hewan17. Contoh sumber daya alam bukan logam adalah.....A. Emas, perak, mangan, nikelB. Aspal, gas alam, batu bara, minyak bumiC. Berlian, belerang, fosfat, gampingD. Gas alam, platina, yodium, timah18. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi minyak goreng, margarin ataupun sabun merupakan pemanfaatan untuk kegiatan.....A. EkonomiB. EksporC. ImporD. Pasar19. Sumber daya alam hayati adalah.....A. Sumber daya yang berasal dari benda matiB. Sumber daya yang berasal dari makhluk hidupC. Sumber daya yang dapat diperbaruiD. Sumber daya yang tidak dapat diperbarui20. Sumber daya alam seperti minyak bumi, sebelum digunakan harus melalui proses.....A. PemanasanB. PengolahanC. PemasaranD. PromosiSoal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 SBdP21. Lagu "Desaku Yang Kucinta", adalah ciptaan dari.....A. A.T. MahmudB. L. ManikC. R.A. KartiniD. H. Muchtar22. Lagu "Desaku Yang Kucinta" menceritakan tentang.....A. Desa yang kotorB. Desa yang permaiC. Desa tempat yang ramaiD. Desa yang taertinggal23. Bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut disebut juga.....A. IramaB. BiramaC. NadaD. Tempo24. Birama yang digunakan dalam menyanyikan lagu "Tanah Airku" adalah.....A. 1/4B. 3/4C. 4/4D. 6/825. Syair terakhir lagu "Desaku Yang Kucinta" adalah.....A. Desaku yang kucintaB. Desaku yang permaiC. Pujaan hatikuD. Tempat ayah dan bundabunda​


Jawaban:

11. A

12.D

13.C

14.B

15.C

16.C

17.B

18.A

19.B

20.A

21.B

22.B

23.C

24.C

25.B

semoga bermanfaat


10. Tema: Anak Sekolah Rajin Belajar Hari Senin yang cerah. Setelah anak-anak upacara bendera, mereka menuju kelasnya masing masing untuk mendapat mata pelajaran dari guru. Hari ini ada mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Jawa, dan PPKN. Mata pelajaran pertama adalah matematika. Ibu guru menyuruh untuk mengerjakan halaman 5 sampai 6. Suasana kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal. Kemudian setelah selesai, bu guru berpesan untuk mempelajari materi perkalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu bisa diadakan tes dadakan. Setelah selesai mendapat pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tika, Dwi, dan Rima pulang bersama jalan kaki karena jarak rumah mereka yang tak jauh dari sekolahan. “Habis makan siang nanti kita bermain yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan ibuku dari Bandung.” Pinta Rima pada kedua sahabatnya. “Asyik.” Ucap Dwi dengan penuh kegembiraan. “Gimana, Tik, kamu bisa ikut tidak?” “Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru berpesan untuk belajar karena siap-siap jika ada tes dadakan.” Sanjang Tika dengan polosnya. Sesampai di rumah masing-masing, Tika langsung ganti baju, makan siang, solat, kemudian istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya jika kurang paham dengan materi di buku. Sedangkan Dwi dan Rima bermain boneka sampai larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinnya mereka berangkat bersama dan sesampai di kelas ternyata memang ada tes dadakan. Dwi dan Rima merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilainya jelek sehingga harus mengulang tes susulan. Lain halnya dengan Tika. Dia mendapat nilai terbaik di kelas karena dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta agar Dwi dan Rima belajar dengan temannya, Tika. “Wah, Tik, selamat ya, nilaimu 10. Besok kita ikut belajar denganmu ya.” ucap Rima pada Tika. Tolong cari Tema, 2. Tokoh, 3. Penokohan, 4. Alur, 5. Latar, 6. Gaya Bahasa, 7. Sudut Pandang, 8. Dan Amanat.


Berikut ini merupakan unsur-unsur intrinsik dari cerita pendek berjudul Rajin Belajar di atas:

Tema: PendidikanTokoh: Dwi, Rima, Tika, dan Ibu Guru.Penokohan: Dwi dan Rima tidak serius belajar dan lebih suka bermain boneka. Sementara Tika rajin belajar dan tekun. Ibu Guru bijaksana dan baik dalam menasehati.Alur: MajuLatar waktu: Siang dan malam hari.Latar tempat: Sekolah dan rumah Tika.Latar suasana: Penuh penyesalan.Gaya bahasa: Menggunakan bahasa sehari-hari tanpa majas yang berlebihan.Sudut pandang: Orang ketiga.Amanat: Kita harus rajin belajar dan selalu mempersiapkan diri terhadap apa pun.

Pembahasan

Cerita pendek merupakan jenis karya sastra yang dikemas dalam bentuk tulisan berisi kisah yang pendek, ringkas, dan berkesan. Cerpen mengandung unsur-unsur intrinsik yang membangunnya, antara lain:

Tema, yaitu ide yang mendasari cerita tersebut.Tokoh dan penokohan, yaitu karakter yang terlibat dalam cerita beserta watak dan perilakunya.Alur, yaitu rangkaian cerita berdasarkan masa yang digunakan.Latar, yaitu dasar peristiwa dalam cerita, mulai dari tempat, waktu, hingga suasana.Gaya bahasa, yaitu pemilihan bahasa yang digunakan dalam cerita.Sudut pandang, yaitu cara penulis dalam menyampaikan ceritanya.Amanat, pesan yang ingin disampaikan melalui cerita.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian cerita pendek https://brainly.co.id/tugas/24099996Materi tentang pengertian cerpen https://brainly.co.id/tugas/599619Materi tentang struktur cerpen https://brainly.co.id/tugas/602974

Detail jawaban

Kelas : 8

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Membaca Cerpen

Kode: 8.1.5

#AyoBelajar #SPJ2


11. TAHUN PELAJARAN 2019 2020Tema TEMA 2Kelas VI (Enam)Hari/TanggalWaktuNama :WIB NISPETUNJUK UMUM :1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal!2. Bacalah petunjuk mengerjakan soal dengan cermat !3. Tulislah nama dan nomor test di pojok kanan pada lembar jawab yang tersedia !4. Apabila ada jawaban yang kamu anggap salah dan kamu ingin memperbaikinya, berilah tanda sama deng(-) pada jawaban yang kamu anggap salah lalu berilah tanda silang (X) pada jawaban yang kamu anggabenar!1Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, c atau d didepan jawaban yang benar!PPkn (KD. 3.4)1. Hidup rukun artinyaa. Saling membencib. Saling bertengkarc. Saling berselisih pahamd. Saling menghargai2. Kerukunan didalam suatu keluarga maupun masyarakat send' bisa dibangun secara sederhana yaitdengan caraa. Komunikasi yang baikb. Berselisih pahamc. Mengucilkan warga yangmiskind. Tidak mengikuti kegiatan kerja bakti3. Manfaat persatuan dan kesatuan adalaha. Menciptakan suasana yang riuhMenumbuhkan rasa kepedulian antar sesamac. Menimbulkan pertengkarand. Mempersulit tercapainya tujuan4. Untuk dapat merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan diperlukan ....a. Keadilanb. Pengorbanan dengan pamrihc. Semangat mementingkan golongand. Persatuan dan kesatuan5. Kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan antara laina Berkelahi dengan teman disekolahb. Bergotong royong membangun rumah wargac. Membantu teman yang kayad. Bekerjasama dalam mengerjakan ulangan6. Untuk menciptakan kerukunan umat beragama, diperlukan sikap7. Nasionalisme berarti8. Bagaimana cara membina kerukunan dengan teman yang berbeda agama?BAHASA INDONESIA ( KD 3.4)erhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-9!​


Jawaban:

1. d

2. a

3. b

4. d

5. b

6. toleransi

7. suatu paham yang dan mempertahankan kedaulatan suatu negara

8. menghargai agama teman yang berbeda.


12. 1. Ibu Fatma membeli 8 lusin gelas. Ia mendapat hadiah 4 gelas sebagai bonus. Berapa banyak gelas ibu Fatma seluruhnya? Jawab: 2. Pak Rahman mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar. Setelah dilihat ternyata terdapat 35 lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas yang masih baik? Jawab: 3. Aulia mempunyai 1 1 manik-manik untuk membuat kalung. Berapa sisa manik-manik Aulia? Jawab: 2 gross manik-manik. Aulia menggunakan 8 lusin 7 buah 4. Ibu Lestari membeli 2 lusin pensil dengan harga Rp1.500,00 per buah. Kemudian membeli penggaris 1 semuanya? Jawab: 2 lusin dengan harga Rp800,00 per buah. Berapa harga beli Tema 6 Subtema 1: Tubuh Manusia 27 5. Ibu Riana seorang pedagang. Pada awalnya ia mempunyai persediaan 2 kodi seprei. Hari ini terjual 2 lusin seprei. Berapa banyak seprei Ibu Riana yang belum terjual? Jawab: 6. Menjelang hari raya, Pak Burhan membeli 2 kodi baju. Pak Burhan membeli lagi 4 lusin baju. Berapa buah baju yang dibeli Pak Burhan semuanya? Jawab: 7. Dalam menghadapi ulangan semester suatu sekolah membutuhkan kertas untuk membuat soal ulangan. Diperkirakan tiap kelas membutuhkan 650 lembar. Jika di sekolah ada 6 kelas, berapa rim lebih berapa lembar kertas yang dibutuhkan sekolah? Jawab: 8. Ibu Lilis seorang penjahit yang sukses. Hari ini dia mendapat pesanan 25 baju. Setiap baju membutuhkan 9 kancing baju. Berapa gros lebih berapa buah kancing baju yang dibutuhkan Bu lilis? Jawab:


no1 8+4=12 dah sisax gue kagak tau
1)
8 lusin + 4 gelas
= (8x12) gelas + 4 gelas
= 96 + 4 gelas
= 100 gelas

2)
5rim + 180lmbar - 35 lmbar
= (5x500) + 180 - 35 lmbar
= 2500 + 180 - 35 lmbar
= 2680 - 35 lmbar
= 2645 lmbar

13. b. peroa. titikb. garisc. bidangd. bendalemd. gergajiII. Ayo, mengerjakan soal-soal berikut aal berikut dengan tepat!a saja hiasan yang digunakan untuk menghiasdekoratif di samping?Jawab: Sem Mas geeuk hiasan yang dapat digunakan untuk mSebutkan bentuk-bentuk hiasan yang dapasebuah karya!Jawab: Titiri dan danToni menggambar kereta apbentuk dekorasi yang tepat untuk gamisJawab:4. Berikan contoh bentuk dekorasi yang tersusJawab: bus5. Berikan contoh bentuk bidang yang dapat digukarya dekoratif!Jawab:la Sani dan ingin mendekorasinya. Baang tepat untuk gambar Toni? Soal High OrderThinking Skillsdekorasi yang tersusun dari garis!tuk bidang yang dapat digunakan untuk meNilai (SkoBetulNoKonsepPilihan GandaUraian12JumlahSkor525Nilai Ulangan Harian SBDP Subtema 3 (KD 3.1)82Tema 8: Praja Muda KaranaKelas 3​


Jawaban:

coba tulis dengan benar saya kurang mengerti


14. Tanggal : April 2020Nama : _________________Kelas Daring : 8.__ (Delapan _____)KD : 3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.Bacalah teks drama singkat di bawah iniPersahabatanSuatu ketika disaat keadilan sudah menjadi kata yang punah. Sedang diadakannya ujian semester. Adi dan Banu duduk sebangku, Sita dan Dini duduk sebangku di depannya, sedangkan Budi duduk sendiri disamping Banu.Mata pelajaran yang sedang di ujiankan adalah matematika, semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Dan terjadi lah percakapan antara 5 sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita dan Dini.Bandi : “Din, aku minta jawaban soal nomor 8 dan 9!”Andini : “A dan D”Ita : “kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?Bandi : “10 A, 11 D, nomor 15 aku belum”Adit : “Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar”Ita : “soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan”Mereka berempat saling contek-mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat santai dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.Bandi : “Bud,kamu sudah selesai?”Budi : “Belum, tinggal 4 soal lagi”Badi : “Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!”Budi : “Tidak Bisa Ban,”Bandi : “Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama”Andini : “Iya Bud, kita harus kerja sama”Adit : “Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud”Budi : “tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman”Ita : “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”Budi : “Mencontek atau pun memberi contek adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”Ita : “Tapi saat ini, sangat mendesak Bud”Andini : “Iya Bud, bantu kami”Budi : “tetap tidak bisa”Adit : “yaudah, biarkan. Urus saja dirimu sendiri Bud, dan kami urus diri kami sendiri.” (marah dan kesal)Bandi : “biarkan, kita lihat di buku saja”Bandi lalu mengeluarkan buku dari kolong bangkunya secara diam-diam, kemudian melihat rumus dan jawaban di dalamnya. Lalu Ita menanyakan hasilnya.Ita : “Bagaimana Ban? Ada tidak?Bandi : “ada, kalian dengar ya. 15 A, 16 D, 17 D, 18 B, 19 A, 20 C”Karena suara Bandi yang agak terdengar keras, Guru pun mendengarnya dan menghampiri mereka berempat.Guru : “Kalian ini, mencontek terus. Keluar kalian”Mereka berempat di hukum di lapangan untuk menghormati tiang bendera.Bandi : “Aku tidak menyangka akan seperti ini”Andini : “Aku juga tidak menyangka, akan dihukum”Ita : “Seharusnya kita belajar ya”Adit : “Iya, Budi benar”Bandi : “Disaat seperti ini, baru kita menyadarinya yah!”Ita : “Aku menyesal!”Adit,Andini&Bandi: “Aku juga” bersamaSetelah itu Budi keluar dari kelas dan menghampiri mereka. Kemudian Budi ikut berdiri hormat seperti yang lain.Andini : “kenapa bud? Kamu di hukum juga?”Budi : “Tidak, aku ingin menjalani hukuman kalian juga. Kita sahabat kan? Aku ingin kita bersama”Ita : “aku berharap ini menjadi pelajaran kita semua”Andini : “dan tidak kita ulangi lagi”Adit : “Kita sahabat sejati”Lalu mereka semua menjalani hukuman dengan penuh senyum dan tawa. Persahabatan akan mengalahkan segala keburukanIsilah tabel di bawah ini berdasarkan berdasarkan naskah drama singkat sebelumnya!Unsur-Unsur DramaJawabanAlasan/Buktia. Temab. Alur- Tahapan Alur- Jenis Alurc. Penokohan / watakd. Latar- Tempat- Suasana- Waktue. Dialogf. Bahasag. AmanatSimpulanTolong dibantu ya kumpul jam 11 hari ini tolong ya​


Jawaban:

a persahabatan

b_ alur maju

alur maju

c budi setia kawan jujur

adit keras kepala curang

andini curang menyesal

bandi curang

ita curang

d latar kelas sekolah

suasana tegang

waktu pagi

e dialog pake bahasa non formal

f bahasa non formal iya

g amanat jadilah orang yg jujur walaupun awalnya akan di benci dan setia kawan tidak harus memberikan contekan tapi memberikan yg terbaik utk kawan kita walaupun itu berat

Penjelasan:

semoga okey


15. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya​


Jawaban:

1.tema : rajin belajar

Jawaban:

1)Tema=Rajin Belajar

2)Latar=

-Tempat:Sekolah

-Waktu:Hari Senin

7)alur=Maju

Penjelasan:

Maaf Nomor Segitu Doang Yang aku Tahu:)


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Soal Ulangan Harian Tema 8 Kelas 4"