Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Besaran Dan Satuan Smp Kelas 7


Soal Besaran Dan Satuan Smp Kelas 7

[Soal UTS SMP Kelas 7] Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik)!

Daftar Isi

1. [Soal UTS SMP Kelas 7] Berilah contoh besaran yang satuannya dalam SI adalah sekon (detik)!


meter / sekon .......> kecepatan

2. [Soal UTS SMP Kelas 7] Berilah contoh besaran-besaran dalam kehidupan sehari-hari yang satuannya dalam SI adalah meter, kilogram, atau sekon (detik)!


Besaran turunan

volume m³
luas m²
kecepatan m/s

Besaran pokok
Panjang m
massa kg
waktu s
kuat arus A
suhu K
jumlah zat mol
intesitas cahaya cd

3. c. Isilah titik-titik pada soal-soal berikut dengan jawaban yang benar!1. Kegiatan menggunakan satu indra atau lebih seperti melihat, mendengar, mencium, mengecapdan meraba secara saksama untuk mendapatkan keterangan atau makna dari suatu yang diamatidisebut ....2.Ilmu yang mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai lingkungan yangluas disebut ....3. Besaran yang diturunkan dari besaran pokok disebut ....4. Kuat arus listrik memiliki satuan SI, yaitu ....5. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut ....6. Jarak dari tumit hingga ke ujung ibu jari kaki disebut ....7. Meteran gulung dan penggaris memiliki ketelitian paling kecil, yaitu ....8. Jarak dari siku-siku sampai ujung jari tengah disebut9. Jawaban sementara dalam metode ilmiah disebut10. Ukuran fisis suatu benda yang dinyatakan secara kuantitas disebut besaran ......Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP/MTs Semester 111Kurikulum2013​


Jawaban:

1.pengamatan

2.llmu biologi

3.besaran turunan

4.A(ampere)

5.

6.

7.

8.

9.serangkaian langkah secara runtut/sistematis yang di sertai dengan bukti2 secara fisis untuk memperoleh llmu pengetahuan.

10.besaran pokok

maap kalo salah:)

Jawaban:

1.Jawaban. pengamatan, Pengamatan yaitu kegiatan menggunakan satu indra atau lebih seperti melihat,mendengar, mencium, mengecap dan meraba secara saksama untuk mendapatkan keterangan atau makna dari suatu yang diamati. ... Pengamatan (observasi) dapat dilakukan secara kualitatif maupun kuantitatif.

2. Biologi

3.Besaran turunan 

5. Massa, jumlah zat atau materi yang terkandung dalam suatu benda.

6. satu kaki. satu kaki adalah jarak dari tumit hingga ke ujung ibu jari kaki.

7. 1 mm, atau 0.1 cm, atau 0.001 m

8. Hasta 

9. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya melalui penelitian.

10. Besaran fisika 


4. ubah menjadi kalimat efektif1. Surabaya adalah merupakan salah satu kota besar di Indonesia.2. Demi untuk anaknya, Bu Susi rela bekerja seharian.3. Ada banyak macam-macam makanan yang di jual di restoran itu.4. Saran yang dikemukakakan olehnya akan dipertimbangkan oleh kami.5. Budi adalah anak paling terpintar di kelasnya.6. Suasana di pasar sangat ramai sekali.7. Hari ini para siswa-siswa sekolah SMA 1 diliburkan.8. Riana rajin belajar agar supaya menjadi pintar.9. Meski cantik, namun Vina tidak sombong. 10.Setelah bekerja seharian, kemudian Putri beristirahat.11.Baik mahasiswa baru atau mahasiswa lama dikenakan peraturan yang sama.12.Taufik adalah merupakan salah satu atlit berprestasi.13.Walau masih pagi, tapi Pak Joko sudah beraktifitas.14.Minggu kemarin banyak para pegawai yang melakukan demonstrasi.15.Anggi pergi ke pasar dan Anggi membeli sayur.16.Karena sudah malam, maka Aldi pulang ke rumah.17.Semua orang-orang di desa itu banyak berprofesi sebagai petani. 18.Karena harga terus melambung tinggi maka rakyat menderita kelaparan.19.Mengetahui nilainya bagus Intan dibuat senang.20. Bagus ke pasar untuk membeli buah jeruk.21.Para wanita perlu hati-hati jika melewati lorong.22. Dengan penelitian ini akan memberikan banyak manfaat bagi warga.23. Adalah merupakan tugas peneliti untuk menganalisis dan menyajikan hasil analisa data.24. Pada siang hari, cuacanya sangat panas.25. Karena nilainya bagus, maka Elsa mendapat hadiah dari ibunya. 26. Film itu Febri sudah tonton sampai selesai.27. Berbagai kendala penelitian harus dapat diselesaikan oleh kita.28. Banyak berbagai bunga di taman itu yang layu.29. Agar supaya menang, ia berlatih keras setiap hari.30. Andi membelikan pulsa adiknya.31.Setiap kali bertemu mereka saling pandang memandang.32. Ia sedang menginventarisir perabot-perabot kantor.33. Setiap hari Jum’at selalu berpramuka.34. Sesampainya di rumah nenek langsung berkebun dengankakek. 35. Dalam rapat itu membahas cara memajukan pariwisata daerah.36. Pada bulan itu bertepatan dengan bulan bahasa.37. Pada hari Jum’at apel kepramukaan yang diikuti oleh seluruh siswa SMP Mandala mulai dari kelas VII sampai kelas IX.38. Saat itu malam yang penuh bintang.39. Yang menjadi sebab banjir adalah pembuangan sampahdi hilir sungai.40. Kami membedah tentang buku itu.41. Mereka menyetujui dari pada keputusan itu.42. Soal itu kita harus pecahkan. 43. Dia bukan guru, tetapi pelayan.44. Mereka tidak menggambar, melainkan melukis.45. Sungai itu akan diperlebarkan.46. Dalam seminar itu membicarakan tentang pentingnyagenerasi bermoralitas tinggi.47. Kepada pembicara waktu dan tempat dipersilakan.48. Mereka lari di halaman belakang sekolahan.49. Baik mahasiswa baru atau mahasiswa lama dikenakanperaturan yang sama.50. Taufik adalah merupakan salah satu atlit berprestasi.​


Jawaban:

1.Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia

2.Demi anak nya,Bu Susi rela bekerja seharian

3.Ada banyak macam makanan yang di jual di restoran itu

4.Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan

5.Budi adalah anak terpintar di kelasnya

Penjelasan:

sorry,saya hanya bisa bantu lima soal aja....


5. SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMP NEGERI 2 LUMBANJULU MATA PELAJARAN KELAS MATEMATIKA : VII (TUJUH) PILIHAN BERGANDA 1. Suhu awal di ruang Freezer 21°C. Setelah alat pendingin di freezer itu di hidupkan suhunya menjadi -6°C 27°C Besar penurunan suhu diruang tersebut adalah a. 16°C b. 15°C b.-16 2. Hasil dari 14-42 7x (-3) adalah c. 21°C a. -2 d-86 3. Dalam suatu kelas diadakan ujian dan skor yang diberikan jika jawabannya benar skornya 5 dan yang salah skornya -1, tidak dijawab skor 0, Jika dari 20 soal Tasya menjawab benar 14 soal, 3 soal salah dan sisanya tidak di jawab, maka skor yang diperoleh Tasya adalah: (a) 65 d 18 b. 67 b. 36 c. 8 1/4 b. 73/4 4. Faktor persekuruan terbesar (FPB) dari 36 72 dan 90 adalah: 5. Hasil dari 13 1/4 +10 1/6-15 2/3 adalah: a. 7 1/2 6. Padalah himpunan factor 12 dan Q = (2, 4, 6, 9, 10), Anggota P irisan Q adalah: a. (8.10) b. (2, 4, 6) c. (1, 2, 3, 4) 7. S adalah himpunan semesta dari bilangan asli yang kurang dari 8 P= (1, 2, 3, 4, 5). c. 70 c. 72 d. (1, 2, 3, 4, 6) Pasangan himpunan yang Ekuivalen adalah a. 4 10. P = (1, 2, 3, 4), Banyak himpunan bagian dari P adalah 11. Bentuk paling sederhana dari 2 (3x + 2y) - 4(x - 5y) adalah : d. 81/2 Q = (1, 2, 3, 7, 8), Komplemen P Q adalah b. (4, 5, 7, 8) c. (4, 5, 6, 7, 8) d. (1,2,3,6) 8. Dalam satu kelas terdapat 9 orang suka menari, 7 orang suka memasak dan 3 orang suka keduanya kegiatan itu. Banyak siswa dalam kelas itu ....orang: a. 19 b. 16 c. 13 A = {n, a, s, i), 9. Diketahui B = (a, b, c, d, e) C = Himpunan lima bilangan asli yang pertama D. = Himpunan bilangan cacah kurang dari 6 a. A dan B b. A dan C c. B can C b. 8 c. 9​


Penjelasan:

Besar penurunan suhu di ruangan tersebut adalah 27°C - (-6°C) = 27 + 6 = 33°C.

Hasil dari 14-42 7x (-3) adalah 14 - 42 + 7(-3) = -28

Skor yang diperoleh Tasya adalah 14 x 5 + 3 x (-1) = 67

Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 36, 72, dan 90 adalah 18

Hasil dari 13 1/4 +10 1/6-15 2/3 adalah 13 + 10 - 15 = 8

Anggota P irisan Q adalah (2, 4, 6)

Pasangan himpunan yang Ekuivalen adalah (A, C)

Banyak siswa dalam kelas tersebut adalah 9 + 7 - 3 = 13 orang

Diketahui B = (a, b, c, d, e), C = Himpunan lima bilangan asli yang pertama, D = Himpunan bilangan cacah kurang dari 6. Pasangan himpunan yang Ekuivalen adalah (B, D)

Banyak himpunan bagian dari P adalah 2^4 = 16

Bentuk paling sederhana dari 2 (3x + 2y) - 4(x - 5y) adalah -14x + 22y.


6. I. Pilihan gandaPilihlah jawaban yang paling tepat!1. Diketahui bilangan bulat positif X = 76cd; Y = 45cde dan Z = 123de. Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili satu angka, maka urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah....A. X, Z , YB. X, Y, ZC. Y, Z, XD. Y, X, Z2. Suhu sebongkah es mula-mula 5⁰C, dua jam kemudian suhunya turun 7⁰C, suhu es sekarang adalah....A. – 12⁰CB. – 2⁰CC. 2⁰CD. 12⁰C3. Nilai dari [ 8 + ( – 9) – ( – 4) ] – [ – 5 + 4 + ( – 8 ) ] adalah....A. – 12B. – 6C. 6D. 124. Ali memiliki tabungan sebesar Rp1.700.000,00. Lima hari kemudian Ali harus mengambil tabungannya sebesar Rp450.000,00, sisa tabungan Ali sekarang adalah....A. Rp1.150.000,00B. Rp1.250.000,00C. Rp1.350.000,00D. Rp1.450.000,005. Hasil dari 7 + ( ( – 1) x 3) + 7 – 3 – 10 adalah....A. – 6B. – 2C. 2D. 66. Bentuk distributif berikut yang benar adalah....A. p ( q – r ) = ( p x q ) – ( p x r )B. p ( q – r ) = ( p – q ) x ( p – r )C. p ( q + r ) = ( p x q ) + ( q x r )D. p ( q + r ) = ( p + q ) + ( p x r )7. Nilai dari 12 x ( – 2) : 4 + ( – 5) = ....A. – 12B. – 11C. 11D. 128. Alfin dan Arkan berenang bersama - sama pada tanggal 3 November 2014.Jika, Alfin berenang setiap 4 hari sekali dan Arkan setiap 5 hari sekali.Pada tanggal berapa mereka akan berenang bersama-sama untuk kedua kalinya?A. 7 November 2014B. 8 November 2014C. 12 November 2014D. 23 November 20149. Hasil dari 2¼ : ¾ - ⅗ ⅹ 1⅔ = ....A. 0B. 2C. 4D. 610. Untuk keperluan setiap hari ibu membeli 2½ kg gula pasir.Untuk minum ayah ⅛kg, dan 1⅗ kg untuk anak-anaknya. Sisa gula yang dibeli Ibu adalah ....A. 1³⁷/₄₀B. 1³⅟₄₀C. ³⁷/₄₀D. ³⅟₄₀11. Okta membeli 3½ kg gula. Sedangkan Rani membeli sebanyak 1½ kali yang dibeli Okta . Gula yang dibeli oleh Rani adalah ... kg.A. 6¾B. 5¼C. 3¼D. 2½12. Pak Ali dapat menyelesaikan ²/₃ pekerjaannya dalam waktu 50 menit. Pak Ali dapat menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu ....A. 50 menitB. 60 menitC. 70 menitD. 75 menit13. Diketahui banyak siswa dalam kelas VII F ada 32 siswa. 18 anak diantaranya siswa putri. Bilangan pecahan yang menyatakan perbandingan antara banyaknya siswa putra terhadap banyak siswa dalam kelas itu adalah ....A. ⁹/₇B. ⁷/₉C. ⁷/₁₆D. ⁹/₁₆14. Ayah memiliki dua petak sawah. Luas petak pertama 1,3 hektar, petak kedua 1½ hektar. Setengah dari luas seluruh sawah ayah akan ditanami padi dan sisanya ditanami jagung. Luas sawah ayah yang ditanami jagung adalah ....A. 1,4 hektarB. 2,3 hektarC. 2,8 hektarD. 5,6 hektar17. K= Himpunan bilangan Prima kurang dari 15. Notasi pembentuk himpunan yang tidak tepat untuk menyatakan himpunan K adalah ....A. {x / x < 13 , x ϵ bilangan Prima}B. {x / x ≤ 15 , x ϵ bilangan Prima}C. {x / x ≤ 13 , x ϵ bilangan Prima}D. {x / x < 14 , x ϵ bilangan Prima}18. A = {2, 4, 6}, banyak anggota himpunan kuasa dari himpunan A adalah ...A. 3B. 6C. 8D. 919. S = {Bilangan Asli kurang dari 10}, L = { 1,3,5,7,9}. Komplemen dari himpunan L (Lá¶œ) adalah....A. Lá¶œ = { 1,2,3,4,5,6,7,8,9}B. Lá¶œ = { 1,2,4,6,8,9}C. Lá¶œ = { 2,4,6,8,10}D. Lá¶œ = { 2,4,6,8}20. Jika diketahui A ={x |10 ≤ x ≤ 30; x∈ bilangan kelipatan 4}, B = {x |15≤  x ≤ 25; x ∈ bilangan asli}. Maka anggota A ∩ B adalah ....A. { 12,15,16,17,18,19,20,21,24,25,28}B. {15,16,17,18,19,20,21,22,23,24,25}C. { 12,16,20,24,28}D. { 16,20,24 }II. SOAL URAIANSelesaikan soal berikut secara jelas dan benar!1. Adik mempunyai 24 kelereng kuning, 28 kelereng merah dan 36 kelereng biru.  Kelereng tersebut akan dibagikan kepada teman-temannya dengan jumlah yang  sama untuk masing-masing anak . Berapa maksimal anak yang dapat menerima kelereng dengan tiga warna tersebut? Berapa butir kelereng kuning, kelereng merah  dan kelereng biru yang diterima masing-masing anak?2. Jika P = {2,3,4,5} dan Q adalah himpunan bilangan Asli kurang dari 7, maka tentukan:a. P ∩ Qb. P U Qc. Diagram Venn dari himpunan P dan QSHARE THIS POSTRELATED POSTSSoal PTS IPS Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal) SMP/MTs Kurikulum 2013Soal PTS Seni Budaya Kelas 9 (IX) Semester 1 (Gasal) SMP/MTs Kurikulum 2013Naskah Soal UTS IPA Semester 1 Kelas 1 SD/MI KTSPSoal PTS/UTS IPS Kelas 9 (IX) Semester 1 (Ganjil) SMP/MTs Kurikulum 2013Soal UTS/PTS Matematika Kurikulum 2013 Kelas 7 Semester 1Soal PTS/UTS Bahasa Inggris Kelas 7 (VII) Semester 1 SMP/MTs Kurikulum 2013Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci Jawaban dan PembahasanSoal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017Soal PTS/UTS Bahasa Inggris Semester 1 SMP/MTs Kelas 9 (IX) Kurikulum 2013Soal PTS IPS Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal) SMP/MTs Kurikulum 2013


Jawaban:

3 a -12

4 b 1250000

6 b

7 b

maaf klo salah


7. pengerjaanSMP TAHUN PELAJARAN 202012021126 MenitKerjakan soal No 1, 2 dan 3 dengan cara pilih salah satu jawaban yang paling benardan berikan penjelasan alasan atas pilihan kalian!Perhatikan kasus di bawah ini!"Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akanmenimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan. Pemusatanaktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan Daerahperkotaan merupakan pusat pertumbuhan suatu wilayah karena sebagian besaraktivitas terkonsentrasi di wilayah perkotaan"Sumber: Buku IPS Kelas 7 Kemendikbud 2017Kutipan di atas merupakan contoh perubahan akibat interaksi keruangan.....A. Perubahan Penggunaan LahanB. Perubahan Orientasi Mata PencaharianC. Berkembangnya Sarana dan PrasaranaD. Berkembangnya Pusat-Pusat PertumbuhanAlasan :​


Jawaban:

B.perubahan orientasi mata pencaharian


8. Soal nomor 1Keterampilan yang melibatkan panca indera, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai, dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi dalam penyelidikan IPA disebut ….A. pengamatanB. inferensiC. mengomunikasikanD. prediksiSoal nomor 2Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA adalah mampu ….A.   berpikir kritis dan logisB.   meningkatkan kualitas hidupC.   memahami berbagai hal di sekitar kitaD.   memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknyaSoal nomor 3Untuk membuktikan bahwa ketebalan uang logam lima ratus rupiah dan seribu rupiah berbeda, maka digunakan alat ukur ….A. meteranB. mikrometer skrupC. neracaD. mistarSoal nomor 4Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari ….a.   penyelidikanb.   penafsiranc.   pengukurand.   pengamatanSoal nomor 5Perhatikan data besaran berikut!1. berat2. volume3. massa4. luas5. panjang6. waktuBesaran pokok ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3, 5, dan 6Soal nomor 6Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu adalah ….A.   gayaB.   volumeC.   beratD.   kecepatanSoal nomor 7Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah ….A.   panjang mejaB.   tinggi kursiC.   diameter kelerengD.   diameter bola kakiSoal nomor 8Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….A.   suhuB.   waktuC.   kuat arusD.  panjangSoal nomor 9Besaran pokok yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan sebuah mangga adalah ….a.   beratb.   volumec.   panjang, waktu, dan suhud.   volume, luas, dan beratSoal nomor 10Massa jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok  ….a.  panjang dan waktub.  massa dan waktuc.   massa dan panjangd.  suhu dan waktuSoal UAS 1 Penilaian Akhir Semester IPA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013Soal nomor 11Ketika Budi berlibur ke pantai, dia menemukan sebuah batu berwarna biru ukurannya keciltidak beraturan.Karena keindahan batu tersebut dia berencana akan membuat sebuah cincin. Untuk mengukur volume dari batu tersebut diperlukan alat ukur ….Satuan yang paling tepat untuk mengukur massa gula menurut Satuan Internasional adalah ….A. miligramB. centigramC. gramD. kilogramSoal nomor 12Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut adalah ….a.   10 m/sb.   20 m/sc.   30 m/sd.   40 m/sSoal nomor 13Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka  konsentrasi larutan garam yang terjadi adalah ….a.   200 g/Lb.   250 g/Lc.   350 g/Ld.   500 g/LSoal nomor 14Sebuah balok diukur ketebalannya menggunakan jangka sorong dengan hasil pengukuran seperti pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran adalah ….a.  5,70 cmb.  5,75 cmc.  5,85 cmd.  5,90 cmSoal nomor 15Perhatikan gambar berikut!Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B adalah ….a.   250 gramb.   500 gramc.   750 gramd.  1.000 gramSoal nomor 16Perhatikan gambar berikut!Ciri mahluk hidup yang ditunjukkan dalam gambar tersebut adalah ….A. berkembangbiakB. tumbuh dan berkembangC. memerlukan makananD. peka terhadap rangsangSoal Nomor 17Sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak dapat disebut sebagai makhluk hidup, karena ….A. zat yang dikeluarkan merupakan sisa pembakaran mesinB. kemampuan bergeraknya terbatasC. kedua benda dapat dimodifikasi bentuk dan ukurannyaD. tidak memiliki keseluruhan ciri-ciri makhluk hidupSoal Nomor 18Lukman memasukkan seekor belalang dalam wadah yang tertutup rapat dan beberapa helai daun.Dua hari kemudian, ketika diamati ternyata belalang telah mati. Hal ini membuktikan bahwa belalang tersebut memerlukan ……A. air bersih untuk minumB. udara segar untuk bernapasC. daun segar untuk makananD. area yang luas untuk bergerakSoal nomor 19Perhatikan gambar di bawah ini!Aktivitas yang ditunjukkan oleh makhluk hidup seperti gambar menunjukkan ciri ….A. tumbuh dan berkembangB. berkembang biakC. beradaptasi terhadap lingkunganD. memerlukan makanSoal nomor 20Perhatikan pernyataan berikut!1. Menutupnya daun putri malu bila disentuh2. Bertambahnya besarnya batang jambu biji3. Berbuahnya pada tanaman manggaCiri makhluk hidup yang dilakukan oleh tanaman ini secara berurutan adalah ….A. peka terhadap rangsangan, tumbuh, dan berkembangbiakB. bergerak, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiakC. beradaptasi, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiakD. peka terhadap rangsangan, memerlukan makanan,dan berkembangbiak​


Jawaban:

1. A

2.antara A sama B sih tapi saya pilih A maaf ya kalo Salah

3.

4.C

7.C

8.B

Penjelasan:

dahya segitu aja pusing mikirnya semoga membantu


9. Bisa tolong kasih kesimpulan gak? singkat aja jgn panjang2 soalnya kesimpulannya harus dihafalin dalam bahasa inggris hhe..TERIMA KASIHBullying:Penyakit yang harus dibasmiCatatan:Semua nama sudah diubah demi menjaga rahasia dari semua yang terlibat, termasuk korban.Sebuah akhir yang tragis untuk pendidikan yang baru saja dimulai, Kiki, 13 tahun, berhenti bersekolah karena teman sekelasnya mengolok-olok dirinya tanpa henti. Mereka sengaja menemukan latar belakangnya yang sederhana, ayahnya menjadi penjual keliling. Di lain kasus, Dinda 15 tahun tak bisa tahan lagi. Dia menjadi depresi, meninggalkan sekolah, dan tinggal dirumah karena gagal di bangku SMP.Dan lagi di kasus lainnya, beberapa kakak kelas dari SMP mengambil 7 siswa SMP dan menjadikan mereka bahan pukulan. Sherry, salah satu dari 7 siswa SMP, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami memar di bagian perutnya. Dia sangat takut untuk pergi ke sekolah. Julie, 20 tahun, kelas 5 SD, dimulai dari kelas 1 SD memiliki pengalaman trauma. Dia sangat sedih menjadi bahan kekejaman bullying oleh teman-teman kelasnya karena dia kelebihan berat badab. Mereka biasa memanggilnya gajah Sumatera, babon, gentong, dan nama-nama lainnya.Ada beberapa kasus lebih dari ratusan kasus yang mirip dan angka ini akan semakin bertambah. Di Indonesia bullying banyak bentuknya, mulai dari menggoda hingga penyalahgunaan ekstrim. Meskipun insiden penggertakan sudah biasa, sayangnya tidak dipandang sebagai masalah utama. Penelitian terbaru dilakukan oleh National Child Protection Commision (KOMNAS Perlindungan Anak) menunjukkan bahwa lebih dari setengah kasus bullying dilaporkan karena fakta bahwa itu dianggap normal di beberapa bagian masyarakat. Dan juga orang yang mendapat bullying tidak mau melaporkan kejadian itu karena mereka marasa akan "membuat masalah besar". Atau lebih buruk, mereka sangat ketakutan lalu mereka tidak percaya siapapun dan tidak mau membagi keadaan buruk mereka kepada siapapun (http://asianewsnet.net/news-34263.html). Isu adanya bullying sudah menjadi masalah selama bertahun-tahun tetapi baru-baru ini mendapat pusat perhatian dari media masa ketika beberapa masalah dipublikasikan.Bullying mempengaruhi mental dan fisik anak-anak. Diperkirakan bahwa ratusan anak-anak bolos sekolah setiap hari karena takut akan dianiyaya oleh murid yang lain dan di beberapa kasus yang ekstrim mereka memilih sekolah di rumah, atau dalam keadaan parah mereka akan berhenti belajar sama sekali (http://bullyingstatistic.org/content/facts-on-bullying.html).Anak-anak seharusnya tidak berada dalam ketakutan. Mereka tidak seharusnya takut. Sebaliknya, mereka seharusnya melihat kedepan setiap hari sekolah dan menikmati kehidupan sekolah. Menurut penelitian, bullying selalu bersemangat dalam masyarakat Indonesia, tetapi itu telah muncul ke permukaan karena proliferasi baru-baru ini teknologi media. Saat bullying ini lazim dalam masyarakat, ini penting bahwa setiap orang seharusnya sadar akan kejahatan sosial ini. Seharusnya diadakan kampanya untuk meningkatkan kesadaran setiap orang harus bekerja sama, perangi ini, untuk menghentikan ini. Hal ini menyedihkan melihat anak-anak kita terisolasi dari pergaulan karena mereka diperlakukan buruk. Menurut opini saya bahwa tidak ada seseorangpun mempunyai hak untuk mengusik atau membuat orang lain merasa rendahan. Anak-anak itu adalah masa depan kita dan kita seharusnya membuat setiap kemungkinan usaha untuk menghentikan bullying.Saya ingin menunjukkan bahwa bullying adalah masalah besar dan tanggung jawab bagi setiap orang. Jika kamu menaafkan pelaku bullying dengan berbagai cara, dalam bentuk apapun, itu berarti kamu mengambil bagian baik langsung atau tidak langsung akan menjadi diam. Mayoritas dari orang-orang setuju bahwa kita harus bekerja keras menuju menghilangkan masalah ini.Beberapa orang mungkin mempertimbangkan untuk menejek orang sebagai lelucon, walaupun itu adalah struktur yang lucu untuk orang lain. Ejekan kecil dapat menumbulkan banyak rasa sakit dan penderitaan. Sementara itu mungkin tampak tidak bersalah tetapi efek kumulatif dapat sangat merusak. Selain itu, dengan meningkatnya perasaan sakit, contoh lain memotong sedikit lebih akhirnya menjadi sakit.Kemungkinan terbesar bahwa bullyinh terjadi di sekolahmu, jadi sudah kewajiban dari setiap murid untuk menjaga teman sekelas dan mencoba untuk berhenti bullied. Jika tidak bekerja, kamu harus memberitahu guru atau orangtuamu.Tidak banyak dari kita berfikir untuk menghentikan ini. Selama itu tidak terjadi kepada kita, kenapa harus kita terlibat, kenapa harus kita mengganggu? Tetapi waktu menuntut kita untuk menjadi aktif terlibat dalam pemberantasan bullying (Farrington, 1993).Jadi jika lain waktu kamu melihat seseorang mendapat perlakuan bullying, apakan kamu mencoba untuk menghentikan atau membiarkan itu terjadi? Ingat, bullyinh adalah masalah semua orang; oleh karena itu semua orang harus menjadi bagian dari solusisnya.


Follow you can unlivable wotk , in our the is you have save you.

kita tidak boleh membully siapapun, kita harus menjaga satu sama lain. jika kita membully orang lain, kita bisa saja telah menghancurkan masa depan orang lain, kenapa? karena dengan kita mengejeknya dan kita bilang hanya lelucon, bisa saja orang itu tak terima, dia merasa diri dia rendah, dan dia bisa takut untuk sekolah, takut bertemu yang lain, karena dia merasa dia itu rendah, dia takut di bully, dll. jadi kita jangan membully, karena bisa saja saat kita menganggap lelucon padahal orang itu tak terima dan berpengaruh buruk.
maaf kalau salah

10. mohon bantuannya dan jangan lupa tambahkan cara penyelesaian dan JAWABAN HARUS BENAR !1) kemungkinan keluarnya jumlah 5 atau 10 dari kedua dadu jika sebuah dadu hitam dan sebuah dadu putih dilemparkan bersamaan satu kali adalaha) [tex]\frac{5}{36}[/tex]b) [tex]\frac{7}{36}[/tex]c) [tex]\frac{1}{12}[/tex]d) [tex]\frac{1}{9}[/tex]2) dalam suatu kantong berisi 24 bola berwarna ungu , 48 bola berwarna hijau , dan 8 bola berwarna merah. 1 kelereng diambil secara acak dari dalam kantong. Nilai kemungkinan terambilnya bola berwarna ungu adalaha) 0,60b) 0,30c) 0,24d) 0,143 soalnya diatas ya kakak ! mohon bantuannya jangan cari poin saja , poin besar sudah aq berikan.------------------------------------------------------⭐ wajib memakai cara penyelesaian⭐ bagi yang tidak tahu materi ini tidak perlu menjawab⭐ kelas : 8 SMP⭐ BAB : Lingkaran dan Peluang⭐ bagi jawaban yang melanggara akan diberikan PERINGATAN​


Penjelasan dengan langkah-langkah:

1) B

2 dadu,

n(s) = 36

n(jumlah 5) = 4

n(jumlah 10) = 3

P(jumlah 5 atau 10) = n(jumlah 5) + n(jumlah 10)

n(s)

P(jumlah 5 atau 10) = 4 + 3

36

P(jumlah 5 atau 10) = 7 362) B

bolaataukelereng

n(s) = 24 + 48 + 8

n(s) = 80

n(ungu) = 24

P(ungu) = n(ungu)

n(s)

P(ungu) = 24

80

P(ungu) = 3

10

P(ungu) = 0,30

3) 18) C

< POQ = PQ

< ROS RS

80° = 48

< ROS 18

< ROS = 80° × 18

48

< ROS = 1.440

48

< ROS = 30°

19) D

Luas tidak diarsir

= 35² – 22/7 × 35²/4

= 1.225 – 22/28 × 1.225

= 1.225 –11/14 × 1.225

= (14 – 11)/14 × 1.225

= 3/14 × 1.225

= 3.675/14

= 262,5 cm²

20) C

< BED = < AOC + < BOD

2

< BED = 130° + 70°

2

< BED = 200

2

< BED = 100°

1) B

2 dadu,

n(s) = 36

n(jumlah 5) = 4

n(jumlah 10) = 3

P(jumlah 5 atau 10) = n(jumlah 5) + n(jumlah 10)

n(s)

P(jumlah 5 atau 10) = 4 + 3

36

P(jumlah 5 atau 10) = 7

36

2) B

bola atau kelereng

n(s) = 24 + 48 + 8

n(s) = 80

n(ungu) = 24

P(ungu) = n(ungu)

n(s)

P(ungu) = 24

80

P(ungu) = 3

10

P(ungu) = 0,30

3)

18) C

< POQ = PQ

< ROS RS

80° = 48

< ROS 18

< ROS = 80° × 18

48

< ROS = 1.440

48

< ROS = 30°

19) D

Luas tidak diarsir

= 35² – 22/7 × 35²/4

= 1.225 – 22/28 × 1.225

= 1.225 –11/14 × 1.225

= (14 – 11)/14 × 1.225

= 3/14 × 1.225

= 3.675/14

= 262,5 cm²

20) C

< BED = < AOC + < BOD

2

< BED = 130° + 70°

2

< BED = 200

2

< BED = 100°


11. US Matematika SMP Islam Annaba * Wajib Soal Pilihan Ganda Klik salah satu opsi di bawah ini dengan benar dan tepat 1. Hasil dari (45 × 30) + (75 : (–15)) adalah..... * 2 poin 1.355 1.345 -1.355 -1.345 2. Diketahui K=8, L= -5, dan M= -7. Nilai K - L + KM= * 2 poin -43 -69 43 69 3. Dari 48 orang siswa kelas IX A terdapat 12 orang siswa perempuan. Banyak siswa laki-laki sama dengan ... dari jumlah siswa kelas IX A * 2 poin 25% 60% 75% 80% * 2 poin A B C D * 2 poin A B C D 6. Ahmad menabung di sebuah koperasi sebesar Rp 1.000.000 dengan bunga 20% per tahun. Besar tabungan Ahmad setelah 9 bulan adalah * 2 poin Rp1.150.000 Rp1.250.000 Rp1.100.000 Rp1.200.000 7. Di dalam kompetensi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban salah diberi skor -1, dan tidak dijawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Andi menjawab 31 soal dimana 28 soal diantaranya dijawab dengan benar. Skor yang diperoleh Andi adalah..... * 2 poin 81 84 87


Jawaban:

d apa saja yang ada tau diske


12. 1Jika S = {p,q,r,s,t} dan A = {q,r} maka himpunan komplemen himpunan A adalah ... 25 poin A. {p,q,r,s} B. {q,r} C. {p,s,t} D. {r,t} 2. Diketahui himpunan X = {1,2,4} dan Y = {1,2,3,5} maka Y - X adalah ... 25 poin A. {1,2, 4} B. {3,5} C. {1,2} D. {4} 3. Misalkan P = {m,a,r,s,e,l}, Q = {r,e,s,h,a} dan R = {g,e,r,a,l,d}. Maka P ∩ Q ∩ R adalah … 25 poin A. {e,a} B. {e,r,a} C. {e,s,a} D. {m,s,l,h,g,d} 4. Dari gambar di bawah, anggota himpunan A U B adalah ... 25 poin Gambar Tanpa Teks A. { } B. {3,5} C. {1,2,4} D. {1,2,3,4,5} 6. Hasil dari (2a + 3b - 5) + (4a - 7b) adalah ... 25 poin A. 6a - 4b - 5 B. 6a - 10b - 5 C. 6a + 4b - 5 D. 6a + 10b - 5 7. Hasil pengurangan aljabar -15p - 5q dari 2p - 3q adalah ... 25 poin A. -17p - 8q B. -17p + 2q C. 17p - 8q d .17p + 2q 8. Hasil kali dari (3x + 2)(x - 5) adalah ... 9. 1.0 Pernyataan di bawah ini yang merupakan PLSV adalah ... 25 poin A. x - 2 > 6y B. 2p - 3q = 12 C. m + 2 = 8 D. 2k + 4 = 3m 11. Hasil persamaan linear satu variabel dari 2x - 2 = 5x + 4, nilai x adalah ... 25 poin A. -3 B. -2 C. 2 D. 3 12. Penyelesaian PLSV dari 5(a - 3) = 15 adalah ... 25 poin A. 6 B. 5 C. 4 D. 3 13. Penyelesaian 4y - 9 < 11 adalah ... A. {1,2,3,4} B. {5,6,7,8} C. {1,2,3,4,5} D. {1,2,3,4,5,6} 14. Hasil pertidaksamaan linear satu variabel dari 5x - 3 > 3x + 9 adalah ... x < 6 x > 6 C. x > -6 D. x < -6 15. Angka 8,2,4 dan 6 akan disusun menjadi dua bilangan berbeda. Bilangan pertama disusun dari empat angka dengan susunan dari angka terbesar keangka terkecil. Sedangkan bilangan kedua sebaliknya disusun dari angka terkecil ke angka terbesar. Selisih dari susunan bilangan pertama dan bilangan kedua adalah ... A. 7146 B. 6174 C. 6714 D. 7416 16. Dalam lomba matematika, jika menjawab benarnilainya4, jika salah nilainya -3 dan jika tidak menjawab nilainya -1. Dari 40 soal Roni menjawab benar 28 soal dan salah 8 soal, maka nilai Roni adalah ... A. 78 B. 84 C. 88 D. 112 17. Ibu membeli 2 kg minyak goreng, ditengah jalan tumpah. Ternyata sisa tinggal 1/3 kg. Banyak minyak oreng yang tumpah adalah ... kg 25 poin A. 7/3 B. 6/3 C. 5/3 D. 4/3 18. Suatu SMP mengikuti Persami, kelas VII sebanyak 30 siswa, kelas VIII sebanyak 36 siswa dan kelas IX sebanyak 42 siswa. Untuk baris berbaris utusan kelas VII, VIII, dan IX dibagi dalam beberapa kelompok, maka banyak kelompok tersebut adalah ... A. 6 B. 7 C. 8 D. 9 19. Dari sejumlah siswa disuatu kelas diketahui 25 siswa gemar membaca, 24 siswa gemar musik dan 9 siswa gemar keduanya. Banyak siswa di kelas itu adalah ... A. 37 B. 40 C. 49 D. 58


cara penyelesaian ada pada lampiran foto

13. Soal nomor 41Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan menggunakan ….A.  kaki semuB.  kaki tabungC.  bulu getarD.  bulu cambukSoal nomor 42Perhatikan kunci determinasi berikut !1. a. Bertulang belakang …………………………………………….. 2b. Tidak bertulang belakang…………………………………….. 152. a. Berdarah panas …………………………………………………. 3b. Berdarah dingin …………………………………………………. 33. a. Penutup tubuh berupa rambut ………………………………… 4b. Penutup tubuh bukan berupa rambut ………………………… 54. a. Memiliki anggota gerak yang fungsinya sama ………………. 8b. Memiliki anggota gerak yang fungsinya tidak sama ………… 95. a. Bersisik …………………………………………………………. 6b. Tidak bersisik ……………………………………………………. 76. a. Habitat di air ……………………………….…………………… 11b. Habitat di darat ………………………………………………… 127. a. Berbulu ……………………………………………………….… 10b. Tidak berbulu ………………………………………………….. 13Kunci identifikasi yang tepat untuk ikan emas (Cyprinus carpio ) adalah …A. 1a, 2b, 3b, 5a, 6aB. 1a, 2a, 3b, 5a, 6bC. 1a, 2b, 3a, 4aD. 1a, 2a, 3a, 4aSoal Nomor 43Urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah ….A. sel – jaringan -sistem organ – organ – organismeB. sel – organ – jaringan – sistem organ – organismeC. sel – jaringan – organ – sistem organ – organismeD. sel – sistem organ – jaringan – organ -organismeSoal nomor 44Cairan organel sel dan fungsinya yang tepat adalah ….A. kloroplas : menguatkan selB. ribosom : menyintesis proteinC. vakuola : tempat respirasi selD. mitokondria : mensekresi proteinSoal nomor 45Perhatikan ciri-ciri sel berikut!1. Dilindungi oleh dinding sel2. Memiliki sentriol3. Memiliki vakuola4. Dapat melakukan sintesis karbohidrat5. Memiliki bentuk yang berubah-ubahCiri-ciri sel tumbuhan terdapat pada nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 3, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 2, 3, dan 5Soal nomor 46Perhatikan gambar irisan melintang batang dikotil berikut!Letak floem, kambium, dan xilem berturut-turut ditunjukkan oleh nomor …A. 1, 2, 3B. 2, 3, 4C. 3, 4, 5D. 2, 4, 5Soal nomor 47Celah pada daun yang biasa kita sebut sebagai stomata memiliki fungsi sebagai tempat keluar masuknya gas. Stomata ini berasal dari modifikasi jaringan ….A. korteksB. epidermisC. parenkimD. meristemSoal nomor 48Jaringan yang menyusun organ mata pada manusia adalah ….A.  jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikatB.  jaringan syaraf, jaringan ikat, dan jaringan ototC.  jaringan embrional, jaringan ikat, jaringan syarafD.  jaringan embrional, jaringan otot, jaringan syarafSoal nomor 49Organ yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh adalah ….A.   hatiB.  jantungC.  pankreasD.  paru-paruSoal nomor 50Di bawah ini kelompok organ pencernaan yang benar adalah ….A.  mulut, kerongkongan, hati, lambung, ususB.  mulut, tenggorokan, lambung, ususC.  mulut, kerongkongan, lambung, ususD.  mulut, tenggorokan. paru-paru, lambungSoal UAS 1 Penilaian Akhir Semester IPA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013Soal nomor 51Sistem syaraf memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali …A.  pengendali kerja organ tubuhB.  alat komunikasi dengan dunia luarC.  pusat pengendali tanggapanD.  mengedarkan sel darah merahSoal nomor 52Lilin yang dipanaskan akan mengalami perubahan wujud dengan urutan ….A. cair – padat – cairB. padat – gas – cairC. cair – gas – padatD. padat – cair – padatSoal nomor 53Diketahui ciri-ciri perubahan zat sebagai berikut.1. bersifat tetap2. terbentuk zat baru3. hanya mengalami perubahan wujud4. struktur molekulnya berubahCiri-ciri perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor ….A. 1 dan 2B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 3 dan 4Soal nomor 54Perhatikan data hasil percobaan berikut!1. Air dipanaskan akan menguap2. Logam dipanaskan akan membara3. Besi dibiarkan ditempat terbuka akan korosi4. Garam dibuat dengan mencampurkan asam dan basaSesuai data tersebut, yang termasuk dalam perubahan kimia adalah ….A. 1 dan 2B. 1 dan 3C. 2 dan 3D. 3 dan 4Soal nomor 55Pemisahan air sirup dan air kopi dilakukan dengan cara yang berbeda, karena ….A. air kopi dan air sirup sama sama campuran homogenB. air kopi dan air sirup sama-sama campuran heterogenC. air kopi merupakan campuran homogen sedangkan air sirup campuran heterogenD. air kopi merupakan campuran heterogen sedangkan air sirup campuran homogen​


nomor 41

A. KAKI SEMU

47

B. EPIDERMIS

49

B. JANTUNG

50

A.  mulut, kerongkongan, hati, lambung, usus

51

D.  MENGEDARKAN SEL DARAH MERAH

nomor 52

D. padat – cair – padat

nomor 55

D. AIR KOPI merupakan campuran HETEROGEN sedangkan AIR SIRUP campuran HOMOGEN

Penjelasan:

nomor 41

Rhizopoda bergerak dan menangkap makanannya dengan kaki semu (pseudopodia)

49

Organ tubuh yang berfungsi sebagai pemompa darah keseluruh bagian tubuh adalah JANTUNG. Jantung akan membawa darah dari bilik kiri menuju seluruh tubuh yang darah tersebut Kaya akan oksigen.

50

MULUT = Pintu masuk makanan dimana terdapat lidah, rongga mulut, kelenjar ludah, dan gigi. Dalam mulut makaan dihancurkan oleh gigi sehingga terjadi pencernaan mekanis (dengan gigi dan lidah) dan pencernaan kimiawi (dengan ludah yang mengandung enzim ptialin).KERONGKONGAN / esofagus = adalah penghubung antara mulut dan lambung yang berbentut tabung dan otot pada kerongkongan berfungsi untuk membawa makanan dari mulut ke lambung dengan menggunakan gerak peristaltik.LAMBUNG / gaster = adalah organ pencernaan yang berfungsi untuk mencerna berbagai zat-zat makanan. Di dalam lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan menggunakan enzim pepsin, enzim renin, enzim lipase, dan asam lambung (HCl).

51

Sistem saraf merupakan sistem organ yang bertanggung jawab atas pengaturan aktivitas tubuh makhluk hidup.berfungsi untuk mengendalikan aktivitas organ tubuh, sebagai pusat pengendali respon / tanggapan, dan sebagai alat komunikasi dengan dunia luar.

52

perubahan wujud : perubahan wujud LILIN saat DI PANASKAN adalah PADAT jadi cair ( MENCAIR ). lalu lilin kembali di dinginkan atau cair jadi padat ( MEMBEKU ).

55

campuran air dengan kopi tergolong campuran heterogen, hal ini karena kopi walaupun telah bercampur dengan air, tetapi ketika didiamkan maka akan mengendap sehingga kedua komponennya dapat dibedakan.Air sirup merupakan campuran homogen antara gula, air, pemanis, pewarna dll.

maaf jika jawaban salah.

JAWABAN TERCERDAS , BINTANG 5 & LIKE


14. Soal nomor 1Keterampilan yang melibatkan panca indera, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai, dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi dalam penyelidikan IPA disebut ….A. pengamatanB. inferensiC. mengomunikasikanD. prediksiSoal nomor 2Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA adalah mampu ….A.   berpikir kritis dan logisB.   meningkatkan kualitas hidupC.   memahami berbagai hal di sekitar kitaD.   memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknyaSoal nomor 3Untuk membuktikan bahwa ketebalan uang logam lima ratus rupiah dan seribu rupiah berbeda, maka digunakan alat ukur ….A. meteranB. mikrometer skrupC. neracaD. mistarSoal nomor 4Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari ….a.   penyelidikanb.   penafsiranc.   pengukurand.   pengamatanSoal nomor 5Perhatikan data besaran berikut!1. berat2. volume3. massa4. luas5. panjang6. waktuBesaran pokok ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 4C. 2, 3, dan 4D. 3, 5, dan 6Soal nomor 6Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu adalah ….A.   gayaB.   volumeC.   beratD.   kecepatanSoal nomor 7Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah ….A.   panjang mejaB.   tinggi kursiC.   diameter kelerengD.   diameter bola kakiSoal nomor 8Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….A.   suhuB.   waktuC.   kuat arusD.  panjangSoal nomor 9Besaran pokok yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan sebuah mangga adalah ….a.   beratb.   volumec.   panjang, waktu, dan suhud.   volume, luas, dan beratSoal nomor 10Massa jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok  ….a.  panjang dan waktub.  massa dan waktuc.   massa dan panjangd.  suhu dan waktuSoal UAS 1 Penilaian Akhir Semester IPA Kelas 7 SMP Kurikulum 2013Soal nomor 11Ketika Budi berlibur ke pantai, dia menemukan sebuah batu berwarna biru ukurannya keciltidak beraturan.Karena keindahan batu tersebut dia berencana akan membuat sebuah cincin. Untuk mengukur volume dari batu tersebut diperlukan alat ukur ….Satuan yang paling tepat untuk mengukur massa gula menurut Satuan Internasional adalah ….A. miligramB. centigramC. gramD. kilogramSoal nomor 12Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut adalah ….a.   10 m/sb.   20 m/sc.   30 m/sd.   40 m/sSoal nomor 13Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka  konsentrasi larutan garam yang terjadi adalah ….a.   200 g/Lb.   250 g/Lc.   350 g/Ld.   500 g/LSoal nomor 14Sebuah balok diukur ketebalannya menggunakan jangka sorong dengan hasil pengukuran seperti pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran adalah ….a.  5,70 cmb.  5,75 cmc.  5,85 cmd.  5,90 cmSoal nomor 15Perhatikan gambar berikut!Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B adalah ….a.   250 gramb.   500 gramc.   750 gramd.  1.000 gramSoal nomor 16Perhatikan gambar berikut!Ciri mahluk hidup yang ditunjukkan dalam gambar tersebut adalah ….A. berkembangbiakB. tumbuh dan berkembangC. memerlukan makananD. peka terhadap rangsangSoal Nomor 17Sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak dapat disebut sebagai makhluk hidup, karena ….A. zat yang dikeluarkan merupakan sisa pembakaran mesinB. kemampuan bergeraknya terbatasC. kedua benda dapat dimodifikasi bentuk dan ukurannyaD. tidak memiliki keseluruhan ciri-ciri makhluk hidupSoal Nomor 18Lukman memasukkan seekor belalang dalam wadah yang tertutup rapat dan beberapa helai daun.Dua hari kemudian, ketika diamati ternyata belalang telah mati. Hal ini membuktikan bahwa belalang tersebut memerlukan ……A. air bersih untuk minumB. udara segar untuk bernapasC. daun segar untuk makananD. area yang luas untuk bergerakSoal nomor 19Perhatikan gambar di bawah ini!Aktivitas yang ditunjukkan oleh makhluk hidup seperti gambar menunjukkan ciri ….A. tumbuh dan berkembangB. berkembang biakC. beradaptasi terhadap lingkunganD. memerlukan makanSoal nomor 20Perhatikan pernyataan berikut!1. Menutupnya daun putri malu bila disentuh2. Bertambahnya besarnya batang jambu biji3. Berbuahnya pada tanaman manggaCiri makhluk hidup yang dilakukan oleh tanaman ini secara berurutan adalah ….A. peka terhadap rangsangan, tumbuh, dan berkembangbiakB. bergerak, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiakC. beradaptasi, peka terhadap rangsangan, dan berkembangbiakD. peka terhadap rangsangan, memerlukan makanan,dan berkembangbiak​


jawaban;

1.a

2.c

3.d

4.c

5.b

6.a

7.a

8.c

9.d

10.a

11.b

12.a

13.a

14.c

15.b

16.b

17.b

18 d

19.c

20.d

Penjelasan:

maaf klo salah


15. ULANGAN HARIAN KE 1Soal Kelas VII SMP Materi Objek IPA dan PengamatannyaSOAL AA. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!1. Soal nomor 1Langkah awal yang harus dilakukan dalam sebuah penyelidikan IPA adalah ….A. mengamatiB. mengkomunikasikanC. menanyakanD. mempresentasikanSoal nomor 2Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah ….A. mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatanB. merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatanC. membuat laporan tertulis tentang kesimpulan akhir dari hasil pengamatanD. melakukan pengamatan menggunakan panca inderaSoal nomor 3Objek pengamatan IPA adalah ….A. hanya makhluk hidup sajaB. hanya bumi dan makhluk hidupC. ruang angkasa dan tata suryaD. seluruh benda di alam dan segala interaksinyaSoal nomor 4Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA adalah mampu ….a. berpikir kritis dan logisb. meningkatkan kualitas hidupc. memahami berbagai hal di sekitar kitad. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknyaSoal nomor 5Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ….A. FisikaB. GeografiC. BiologiD. KimiaSoal nomor 6Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah ….A. KimiaB. FisikaC. BiologiD. AstronomiSoal nomor 7Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari ….A. penyelidikanB. penafsiranC. pengukuranD. pengamatanSoal nomor 8Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan tersebut, yang merupakan besaran adalah ….A. panjangB. meja makanC. 2D. meterSoal nomor 9Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah …A. jamB. sekonC. menitD. milidetikSoal nomor 10Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg. Apabila diubah menjadi satuan gram, maka massa cabe tersebut adalah ….A. 25 gramB. 250 gramC. 2.500 gramD. 25.000 gramSoal nomor 11Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ….A. pokokB. turunanC. sekunderD. tersierSoal nomor 12Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokok adalah ….A. panjang, massa, dan volumeB. panjang, waktu, dan suhuC. massa, luas, dan waktuD. volume, luas, dan beratSoal nomor 13Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu adalah ….A. gayaB. volumeC. beratD. kecepatanSoal nomor 14Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah ….A. panjang mejaB. tinggi kursiC. diameter kelerengD. diameter bola kakiSoal nomor 15Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….A. suhuB. waktuC. kuat arusD. panjangSoal nomor 16Besaran pokok yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan sebuah batu adalah ….A. beratB. volumeC. luasD. massaSoal nomor 17Massa jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok ….A. panjang dan waktuB. massa dan waktuC. massa dan panjangD. suhu dan waktuSoal nomor 18Alat ukur yang paling tepat digunakan untuk mengukur ketebalan plat adalah ….A. penggarisB. mikrometer skrupC. jangka sorongD. meteranSoal nomor 19Volume batu seperti gambar di bawah ini adalah ….A. 20 mLB. 30 mLC. 50 mLD.70 mLSoal nomor 20Berikut ini yang tidak termasuk satuan baku adalah ….A. depaB. onsC. literD. meterSoal nomor 21Di bawah ini yang bukan merupakan syarat satuan baku adalah ….a. bersifat lokalb. mudah ditiruc. tidak berubahd. berlaku globalSoal nomor 22Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut adalah ….A. 10 m/sB. 20 m/sC. 30 m/sD. 40 m/sSoal nomor 23Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka konsentrasi larutan garam yang terjadi adalah ….A. 200 g/LB. 250 g/LC. 350 g/LD. 500 g/LSoal nomor 24Sebuah balok diukur ketebalannya menggunakan jangka sorong dengan hasil pengukuran seperti pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran adalah ….A. 5,70 cmB. 5,75 cmC. 5,85 cmD. 5,90 cmSoal nomor 25Perhatikan gambar berikut!Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B adalah ….A. 250 gramB. 500 gramC. 750 gramD. 1.000 gram​


JAWABAN:

1.Langkah awal yang harus dilakukan dalam

sebuah penyelidikan IPA adalah ....

a.Mengamati

2.Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA

adalah...

a.mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatan}saya kurang yakin.

3.Objek pengamatan IPA adalah...

d.seluruh benda di alam dan segalainteraksinya

4.Berikut ini yang bukan merupakan manfaatmempelajari IPA adalah mampu...

d. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknya

5.Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ....

b.geografi

6.Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah .....

a.kimia

7.Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari .....

C. pengukuran

8.Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan

Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataantersebut, yang merupakan besaran adalah .....

A. panjang

9.Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah ...

b.Sekon

10.Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg.Apabila diubah menjadi satuan gram, makamassacabe tersebut adalah ....

C. 2.500 gram

11.Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ....

a.pokok

12.Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokokadalah ....

B. panjang, waktu, dan suhu

13.Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokokpanjang dan waktu adalah ....

D. kecepatan

LIKE DAN JADIKAN JAWABAN YANG TERBAIK,SEMOGA MEMBANTU:?

maaf,cuman segitu:-


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Soal Besaran Dan Satuan Smp Kelas 7"